Pages

Minggu, 10 Agustus 2014

Wi-Fi Grartisan yang Membahayakan.



Tingginya biaya data roaming perangkat seluler mendorong para penikmat Piala Dunia yang berkunjung ke Brasil lebih memilih menggunakan akses WiFi gratis dengan menghiraukan keamanannya.

Meski sepele, tindakan ini sangat berisiko. Para penjahat cyber menyasar mereka untuk 'memanen' data dari jaringan WiFi publik. Informasi seperti password, PIN, dan data sensitif lainnya bisa jatuh ke tangan mereka.

Pakar dari perusahaan keamanan Kaspersky Lab melakukan penelitian terhadap akses WiFi publik di Sao Paulo, tempat berlansungnya turnamen akbar tersebut.

Mereka berkendara 100 km keliling kota Sao Paulo dan mengecek lebih dari 5.000 titik akses yang populer di kalangan turis seperti taman-taman, mal, bandara, dan berbagai tempat keramaian lainnya.

Hasilnya cukup mencengangkan. Seperti dikutip dari hasil riset Kaspersky, Rabu (18/6/2014), sebanyak 26% dari 5.000 jaringan WiFi publik di Sao Paulo tidak menggunakan pengenkripsian apapun.

Melihat hasil di atas, pakar keamanan Kaspersky Lab pun memberikan sejumlah rekomendasi bagi mereka yang berwisata ke Sao Paulo sekaligus menikmati Piala Dunia 2014. Berikut sejumlah rekomendasi yang disarankan.
 
§  Gunakan selalu koneksi VPN untuk mengakses jaringan Wi-Fi apapun. Jika tidak memiliki koneksi VPN, usahakan mendapatkannya lalu instal koneksi VPN tersebut ke seluruh perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain
§  Jika jaringan WiFi memblokir VPN, jangan gunakan jaringan tersebut. Jika terpaksa harus menggunakannya, lebih baik gunakan internet melalui TOR Browser bersamaan dengan seting DNSCrypt langsung ke perangkat
§  Jika memiliki Access Point, periksa apakah firmware Anda adalah yang paling baru. Jika tidak, segera update firmware
§  Jangan biarkan Access Point Anda dalam seting bawaan vendor (default setting). Ubah pengaturan tersebut dan gunakan password baru yang lebih rumit
§  Periksa enkripsi yang dimiliki Access Point Anda saat ini. Jika enkripsinya adalah WPA atau WEP, ubahlah ke WPA2 dengan setingan AES. Non-aktifkan broadcasting SSID dan pastikan Anda memiliki password jaringan yang kuat
§  Jika di tempat Anda berada tidak ada jaringan yang benar-benar aman, bersabarlah agar tidak terburu-buru memposting gambar atau informasi lainnya. Tunggu hingga Anda bisa mendapatkan jaringan yang aman untuk bekerja.

Bagi sebagian pengguna mungkin sedikit ribet, namun tidak ada ruginya dicoba demi keamanan koneksi Anda. Tips keamanan ini berlaku tak hanya di ajang Piala Dunia, karena ancaman cyber ada di mana-mana. 

0 komentar:

Posting Komentar